{{menu_nowledge_desc}}.

CIFOR–ICRAF publishes over 750 publications every year on agroforestry, forests and climate change, landscape restoration, rights, forest policy and much more – in multiple languages.

CIFOR–ICRAF addresses local challenges and opportunities while providing solutions to global problems for forests, landscapes, people and the planet.

We deliver actionable evidence and solutions to transform how land is used and how food is produced: conserving and restoring ecosystems, responding to the global climate, malnutrition, biodiversity and desertification crises. In short, improving people’s lives.

Peran Perempuan dalam Pertanian di Pagar Alam

Export citation

Projek penelitian Indogreen melakukan studi dalam upaya menjembatani kekurangan data dan informasi terkait gender dan pertanian, khususnya di Kotamadya Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dalam kertas kerja teknis ini, dipaparkan informasi mengenai peran perempuan dalam pertanian di Pagar Alam dalam hal, antara lain: (i) preferensi dan kriteria dalam memilih komoditas pertanian, (ii) pembagian peran dalam kegiatan usaha tani, (iii) pengambilan keputusan di tingkat rumah tangga, dan (iv) sikap dalam mengadopsi teknologi. Informasi yang terangkum berkaitan dengan isu akses, partisipasi, dan kontrol. Temuan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu Pemerintah Kotamadya dalam melakukan perencanaan peningkatan kapasitas petani dalam rangka menunjang kesetaraan gender dalam pembangunan pertanian. Data-data yang dipaparkan dalam kertas kerja teknis ini berasal dari kegiatan penelitian yang dilakukan padamtahun 2019, di mana petani dan pasangannya diwawancara dan diminta untuk menjawab pertanyaan yang sama.

Related publications