{{menu_nowledge_desc}}.

CIFOR–ICRAF publishes over 750 publications every year on agroforestry, forests and climate change, landscape restoration, rights, forest policy and much more – in multiple languages.

CIFOR–ICRAF addresses local challenges and opportunities while providing solutions to global problems for forests, landscapes, people and the planet.

We deliver actionable evidence and solutions to transform how land is used and how food is produced: conserving and restoring ecosystems, responding to the global climate, malnutrition, biodiversity and desertification crises. In short, improving people’s lives.

Panduan Pemantauan dan Evaluasi Perubahan Perilaku Pekebun Kakao dalam Implementasi Agroforestri

Export citation

Dalam konteks pengembangan kakao berkelanjutan, salah satu hal yang dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh pekebun kakao adalah meningkatkan kemampuan mereka dalam menerapkan agroforestri pada kebunnya. Dalam sistem agroforestri, tanaman kakao dicampur dengan tanaman lain seperti tanaman buah-buahan (pisang, durian, kelapa, nangka, dan lainnya), tanaman kayu (mahoni, tembusu, jabon dan lainnya), tanaman penaung (dadap gamal), termasuk tanaman tahan naungan (jahe, kapulaga). Dengan adanya tanaman lain dalam kebun kakao, pekebun kakao akan memiliki variasi sumber pendapatan sehingga memberikan keuntungan secara ekonomi. Selain keuntungan ekonomi, pohon yang terintegrasi dalam sistem agroforesti dapat bermanfaat dalam simpanan karbon, peningkatan kesuburan tanah, mengurangi hama dan penyakit dan mampu menyiapkan kebun kakao yang dapat beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Related publications