CIFOR–ICRAF publishes over 750 publications every year on agroforestry, forests and climate change, landscape restoration, rights, forest policy and much more – in multiple languages.

CIFOR–ICRAF addresses local challenges and opportunities while providing solutions to global problems for forests, landscapes, people and the planet.

We deliver actionable evidence and solutions to transform how land is used and how food is produced: conserving and restoring ecosystems, responding to the global climate, malnutrition, biodiversity and desertification crises. In short, improving people’s lives.

Ada Apa dengan Pangan Liar dan Diet?

Pangan merupakan kebutuhan dasar hidup manusia. Permintaannya yang terus meningkat harus diikuti dengan proses produksi yang ramah lingkungan. Penggunaan sistem monokultur rentan mengalami kegagalan karena serangan hama, penyakit, dan cuaca buruk. Oleh karena itu dibutuhkan keragaman jenis tanaman dalam penggunaan lahan. Produksi pangan juga harus memperhatikan keseimbangan ekosistem serta menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi lingkungan.
Sebagai konsumen, salah satu langkah yang dapat kita ambil untuk memenuhi kebutuhan pangan sekaligus menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan memanfaatkan potensi tumbuhan pangan liar. Di negara tropis seperti Indonesia, berbagai jenis tumbuhan pangan liar tumbuh subur mengikuti perubahan musim.
Bersama Hayu Dyah Patria dari Mantasa dan Konsultan Riset CIFOR-ICRAF Lukas Pawera, mari eksplorasi berbagai jenis pangan liar yang ada di sekitar kita, dinamikanya di masyarakat, serta peranannya untuk pemenuhan gizi seimbang.

Other podcasts you might be interested in