Explore eventos futuros e passados ​​em todo o mundo e online, sejam hospedados pelo CIFOR-ICRAF ou com a participação de nossos pesquisadores.

Découvrez les évènements passés et à venir dans le monde entier et en ligne, qu’ils soient organisés par le CIFOR-ICRAF ou auxquels participent nos chercheurs.

Jelajahi acara-acara mendatang dan yang telah lalu di lintas global dan daring, baik itu diselenggarakan oleh CIFOR-ICRAF atau dihadiri para peneliti kami.

{{menu_nowledge_desc}}.

CIFOR–ICRAF publishes over 750 publications every year on agroforestry, forests and climate change, landscape restoration, rights, forest policy and much more – in multiple languages.

CIFOR–ICRAF addresses local challenges and opportunities while providing solutions to global problems for forests, landscapes, people and the planet.

We deliver actionable evidence and solutions to transform how land is used and how food is produced: conserving and restoring ecosystems, responding to the global climate, malnutrition, biodiversity and desertification crises. In short, improving people’s lives.

Menuju Kawasan Pertanian yang Produktif dan Berkelanjutan di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Strategi Konservasi dan Penghidupan AgFor - 04

Export citation

Saat ini banyak sekali ditemukan pemandangan bukit-bukit gundul dan gersang yang dikhawatirkan longsor saat musim hujan di Kabupaten Boalemo, Propinsi Gorontalo. Pemandangan ini merupakan dampak penanaman jagung secara massif (Al Banjari dan Ilato, 2013) dari program Agropolitan berbasis Jagung yang dicanangkan Departemen Pertanian pada tahun 2002. Untuk mengatasi hal ini, pada tahun 2015, pemerintah Kabupaten Boalemo berinisiatif untuk mengganti tanaman jagung dengan tanaman tahunan seperti kakao, cengkeh, dan pala (Azhar, 2015) melalui program penanaman berbasis kawasan. Peran dari berbagai pihak terkait sangat menentukan keberhasilan perubahan ini mengingat mengubah kebiasaan masyarakat dari menanam jagung dengan sistem monokultur ke menanam tanaman tahunan dengan sistem kebun campur tidaklah mudah. Dengan pergantian jenis tanaman dan pola penanaman ini, harapannya selain tetap dapat meningkatkan penghidupan masyarakat, konservasi lahan-lahan gundul dan gersang juga dapat dilakukan.
Sejalan dengan program dari pemerintah Kabupaten Boalemo tersebut, melalui salah satu kegiatan (komponen lingkungan) dalam proyek ‘AgFor (Agroforestry dan Forestry) Sulawesi’, upaya konservasi lahan kritis di kelompok desa (Ayuhulalo, Piloliyanga, Limbato, dan Mohungo) di sekitar kawasan hutan, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo dengan tetap memperhatikan penghidupan masyarakat, dikaji, dan dirumuskan secara seksama dengan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan. Upaya ini dituangkan dalam bentuk strategi penghidupan masyarakat dan konservasi lingkungan. ‘AgFor Sulawesi’ adalah proyek 5 tahun yang bertujuan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan-tantangan pembangunan pedesaan di Sulawesi dengan meningkatkan mata pencaharian, memperbaiki tata kelola, dan memperkuat pengeloaan lingkungan yang berkelanjutan.
Perumusan strategi penghidupan masyarakat dan konservasi lingkungan di kelompok desa di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo ini bertujuan untuk meningkatkan penghidupan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dengan memperhatikan kaidah-kaidah konservasi lingkungan. Kedepannya, strategi penghidupan masyarakat dan konservasi lingkungan ini dapat dijadikan acuan untuk menyusun kesepakatan multipihak dalam membangun rencana aksi untuk implementasi.

Related publications