Explore eventos futuros e passados ​​em todo o mundo e online, sejam hospedados pelo CIFOR-ICRAF ou com a participação de nossos pesquisadores.

Découvrez les évènements passés et à venir dans le monde entier et en ligne, qu’ils soient organisés par le CIFOR-ICRAF ou auxquels participent nos chercheurs.

Jelajahi acara-acara mendatang dan yang telah lalu di lintas global dan daring, baik itu diselenggarakan oleh CIFOR-ICRAF atau dihadiri para peneliti kami.

{{menu_nowledge_desc}}.

CIFOR–ICRAF publishes over 750 publications every year on agroforestry, forests and climate change, landscape restoration, rights, forest policy and much more – in multiple languages.

CIFOR–ICRAF addresses local challenges and opportunities while providing solutions to global problems for forests, landscapes, people and the planet.

We deliver actionable evidence and solutions to transform how land is used and how food is produced: conserving and restoring ecosystems, responding to the global climate, malnutrition, biodiversity and desertification crises. In short, improving people’s lives.

Agroforestri: Sebuah Pengantar

Export citation

Prinsip-prinsip Desain dan Manajemen untuk Masyarakat dan Lingkungan

Pertanian konvensional adalah sangat produktif. Tetapi produktivitas tinggi harus dibayar dengan biaya: tanah yang habis atau terkikis, aliran air yang tercemar atau mengering, dan sistem pangan yang menghasilkan 20–40% emisi gas rumah kaca. Banyak orang sekarang setuju bahwa kita sangat perlu mengubah sistem pangan, termasuk pertanian. Agroforestri, sebagai pendekatan berbasis alam untuk produksi dan penggunaan lahan, akan memainkan peran penting dalam transformasi ini. Agroforestri bukanlah hal baru. Petani telah mempraktikkannya selama ribuan tahun, dan para ilmuwan telah mengakuinya sejak tahun 1970-an sebagai bentuk pertanian dan penggunaan lahan yang produktif dan berkelanjutan secara ekologis. Tapi sekarang agroforestri tiba-tiba menjadi pusat perhatian. Ini dipromosikan sebagai strategi penggunaan lahan untuk mendukung mitigasi perubahan iklim dan adaptasi perubahan iklim, konservasi keanekaragaman hayati, pertanian berkelanjutan, dan tujuan lainnya. Banyak organisasi merekomendasikan atau menggunakannya sebagai alat untuk memulihkan ekosistem–tidak hanya ekosistem pertanian, tetapi juga lanskap hutan.

Meskipun tidak memulihkan segalanya, agroforestri memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada semua tujuan yang disebutkan di atas. Namun, agroforestri bukan hanya soal menambahkan pohon ke lahan pertanian. Untuk mewujudkan potensinya, para praktisi perlu memahami prinsip-prinsipnya. Agroforestri: Sebuah Pengantar adalah panduan untuk prinsip dan konsep agroforestri – dan bagaimana menggunakannya secara efektif.

Also available in other languages:

    Publication year

    2023

    Authors

    Gassner, A.; Dobie, P.

    Language

    Indonesian

    Keywords

    agroforestry, agroforestry systems, sustainable agriculture, land use, conservation, land rehabilitation, landscape conservation

Related publications